Internal Memory Galaxy Mini Full, Gimana Nih?

25 Januari 2012 at 06:55 Tinggalkan komentar

Galaxy Mini ane memory internalnya sekitar 180-an MB dan eksternal default-nya 2 GB bisa extend sampai 32 GB. Cukup? Ya itu sih relatif. Tergantung pada kebutuhan space.

Belakangan, sering muncul notifikasi memory internal full, nggak bisa nerima SMS. What the heck? Ternyata SMS disimpan di internal memory, dan internal memory ane hampir full! Apa aja sih isinya?

Yang perlu diperhatikan, space tidak hanya digunakan untuk menyimpan aplikasi terinstall dan data (teks, gambar, video, suara, apk, dll), tapi juga untuk cache dan data aplikasi (data yang digunakan untuk aplikasi). Itulah mengapa aplikasi harus di-install, bukan hanya di-copy.

Contohnya aplikasi gratis terpopuler di Android Market: Facebook for Android. Kalau kita lihat di Settings > Application > Manage Applications, ada keterangan detail space yang digunakan, yaitu untuk application, data, dan cache. Kemudian ada pilihan Force Stop, Uninstall, Clear Data, Move to SD Card, Clear Cache, dan Clear Defaults. Saat ini, pilihan Move to SD Card dan Clear Cache di hape ane tidak aktif.

(Saya pengin screenshot aja sebenarnya, tapi belum download aplikasi screenshot, shortcut tombol back + menu nggak bisa lagi sejak upgrade ke Gingerbread)

Sejauh yang saya alami, portabilitas beberapa aplikasi juga terbatas. Hal ini terbukti dengan adanya beberapa aplikasi yang tidak bisa dipindah ke SD card, padahal sudah mencoba memindahkan semua aplikasi yang mungkin dengan aplikasi App2SD. Hal ini sudah jamak dirasakan para pengguna Android dengan memory internal terbatas.

Sebenarnya tinggal coba-coba saja, namun yang ingin saya peringatkan, hati-hati jika akan clear data aplikasi facebook, sedangkan kita pernah menggunakan sinkronisasi contacs Facebook, dan beberapa kali join contacts. Ini bisa merusak aplikasi contacts bawaan-nya (bloatware). Sekarang ane nggak bisa buka contacs tanpa error dan system minta force close😦

But it’s OK. Data sudah di-backup dan sejatinya data di contacs tidak hilang, hanya aplikasinya yang error. Kalau mau ngirim SMS masih bisa cari nama dan nomor. Rencananya saya akan ganti dengan aplikasi Go Contacts.

Untuk solusi lanjut, saya nemu forum yang sudah membicarakan tentang ini

androidforums.com/samsung-galaxy-mini-s5570/326484-internal-memory-full-now-what.html

Ada yang menyarankan untuk membuat partisi di SD Card yang akan digunakan sebagai extension dari memory internal. Ini dapat dilakukan oleh Link2SD.

So, memory Android full? It’s OK, limitation is one of creativity’s best friend🙂 Bisa diakali kok.

Juga tentang aplikasi yang nggak penting, hapus aja.. Keep it slim and simple. Toh kita kan tidak menggunakan semua aplikasi setiap hari, paling yang paling sering cuma lima. Yang occasional atau coba-coba, baru diinstall kalau perlu aja.

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

ng-Android Nge-reyen Vandroid

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Pos-pos Terbaru


%d blogger menyukai ini: