Nge-reyen Vandroid

3 April 2012 at 02:05 4 komentar

Tablet baru!

Tapi bukan punya ane, hehe..

Jadi teknisi / laboran lab PPSI dan juga teman baik saya baru saja beli Vandroid sebagai hadiah buat anaknya Dzakwan yang acap menjadi murid teladan di sekolah-nya.

OS-nya Android Froyo 2.2 tapi aneh, ndak bisa setting proxy,

trus aplikasi radio-nya harus pake internet.. (internet radio),

trus gbs muter file video avi dan mkv.. udah coba MX Player, tapi ternyata codec-nya g include,

trus setelah beberapa kali berhasil connect dengan kabel mini USB ke laptop, transfer beberapa files, akhirnya sering ngadat putus-nyambung putus-nyambung,

trus nyoba Bluetooth (karena mungkin masalahnya di kabel murahan), bisa detect, paired, tapi gbs connect alasannya di laptop: “Request cannot be honored”

AAAHH!! rasanya kepingin njambak rambut!

terbayang emosi teman saya itu (namanya Pak Hermono), yang telah mengeluarkan 1,9 juta lebih.

pasti kesal,

emosi,

kecewa,

tapi.. ah, ya sudahlah..

memang begitu kenyataannya Android tanpa koneksi internet,

bagaikan robot ijo tanpa kepala, …

Sebenarnya sebelumnya baik2 saja setelah kartu GSM Indosat dicolokkan,

tapi browsing Google Map untuk menge-tes GPS menyedot 25rb seketika!

pasti terkaget untuk orang yang tidak terbiasa.. apalagi kartu GSM tu pinjem punya istri, hehe.. bakal bisa kenak marah g dikasi jatah,😛

tapi akhirnya pagi ini sudah lumayan.. sekarang bisa browsing pakek fasilitas internet gratis di tempat kerja (kampus ITS).

Tapi, kok bisa? kan harus pakek setting proxy?

Nah, solusinya: OPERA MOBILE 10+

Browser ini seperti firefox, bisa meng-handle setting proxy.

Setelah cari file apk-nya di rimba belantara internet (pakai laptop/komputer), transfer ke device (untung kali ini bisa mount SDCard / Connect USB Storage), install, kemudian buka / open aplikasi itu.

di URL ketikkan

about:config

Cari setting-an proxy. Isi field http dan https proxy server diikuti port number-nya, misal:

proxy.domain.com:8080

trus centang pilihan use http proxy dan use https proxy.

Terakhir, tes dengan browse http://www.google.com

kalau proxy-nya butuh authentication, nanti si browser Opera Mobile bakal prompt username dan password, masukkan dan pentjet login.

dan voila.. sekarang saya, kamu dan mereka bisa browsing.. via proxy.. dari froyo yang (anehnya) ndak menyediakan settingan proxy.

Seharusnya pengaturan itu ada di Settings > Wireless and Network > Wifi settings > Option Button > Advanced > Proxy, Port. Jangan kuatir, di versi OS Android terbaru seharusnya sudah ada, Gingerbread di Galaxy Mini ane sudah kok.

dan sigh.. seharusnya tablet low-end itu tinggal pakek.. soalnya target pengguna-nya kan kalangan yang tidak mau direpotkan dengan servis yang apa-apa harus connect internet.. pulsanya itu lho bro..

mudah2an Vandroid distributor dan kawan2nya sadar dan bisa menyediakan aplikasi setandar yang setidaknya bisa dibuat testing spesifikasi hardware-nya: Camera, Video, Gallery viewer, Video file player, Sounds player, Browser, Notepad, Office, Messaging, Call / Dialer, Video Call, … dan aplikasi2 setandar lainnya.

* tapi mungkin di situlah ada kesulitan dari sisi enterprise. Bundle aplikasi yang biasanya bisa di-download geratis dari Android market Play harus memenuhi tuntutan moral untuk menghargai intelectual property dari para developer (baca: lo harus bayar dong kalo mau bundle device dengan sopwer-nya..). Walaupun OS Android-nya sendiri di-geratis-kan sama si Google.

Yang udah bantu saya : http://androidproxy.blogspot.com/2011/01/setting-up-proxy.html

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Internal Memory Galaxy Mini Full, Gimana Nih? Opera Mini vs Opera Mobile

4 Komentar Add your own

  • 1. soner  |  4 April 2012 pukul 16:12

    agan arman,aq udah 2 bln ngoprek Vandroid T2 tp yang disayangkan meski nginternetnya selain pake wifi juga bisa pake modem.tapi…kata yang jual harus pake modem gsm,dan emang setelah aq coba pake modem smart fren gak bisa.jadi tiap hari harus cari jaringan wifi hotspot.gmn gan ya supaya Vandroid T2 bisa pake modem CDMA

    Balas
    • 2. Arief Rakhman  |  5 April 2012 pukul 07:32

      waduh gan, setau ane, jaringan GSM sama CDMA tu emang beda, jadi harus pake modem yang beda juga.. klo device-nya cuma support GSM, mungkin bisa diakali, pasang modem eksternal, tapi rada ribet:

      pake kabel mini USB-USB female kayak gini http://bit.ly/HOjy4d trus tancepin modem CDMA http://bit.ly/HXOlJy yang isinya Smart Fren deh. Tapi mungkin agak jelek jadinya.. kayak tablet IMO yang di-review ini http://bit.ly/HYQ3vE

      Balas
  • 3. soner  |  4 April 2012 pukul 16:12

    agan arman,aq udah 2 bln ngoprek Vandroid T2 tp yang disayangkan meski nginternetnya selain pake wifi juga bisa pake modem.tapi…kata yang jual harus pake modem gsm,dan emang setelah aq coba pake modem smart fren gak bisa.jadi tiap hari harus cari jaringan wifi hotspot.gmn gan ya supaya Vandroid T2 bisa pake modem CDMA

    Balas
    • 4. Arief Rakhman  |  5 April 2012 pukul 07:32

      waduh gan, setau ane, jaringan GSM sama CDMA tu emang beda, jadi harus pake modem yang beda juga.. klo device-nya cuma support GSM, mungkin bisa diakali, pasang modem eksternal, tapi rada ribet:

      pake kabel mini USB-USB female kayak gini http://bit.ly/HOjy4d trus tancepin modem CDMA http://bit.ly/HXOlJy yang isinya Smart Fren deh. Tapi mungkin agak jelek jadinya.. kayak tablet IMO yang di-review ini http://bit.ly/HYQ3vE

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Pos-pos Terbaru


%d blogger menyukai ini: