Menjelajah XDA Developers forum

24 Juli 2013 at 08:38 Tinggalkan komentar

Forum online adalah tempatnya para developer berbagi. Developer yang hebat bukan developer yang hebat sendiri (baca: mampu), namun developer yang hebat adalah yang mampu dan mau untuk berbagi ilmu. Soalnya, skill programming dan hacking itu sangat cepat usang. Sifat teknologi dan platform sangat cepat berubah, update terus menerus muncul segera menjadikan teknologi satu atau dua tahun lalu segera ketinggalan zaman.

Namun, kontribusi seorang developer di berbagai forum online, walaupun dua atau tiga tahun lalu, masih bisa terlihat dan membuktikan kemampuan problem solving sang developer / hacker, juga kemauannya untuk berkontribusi dan berbagi. Saya kira ini yang disebut sifat ilmu apabila dibagi, maka ia justru akan berkembang, berbeda dengan harta yang semakin habis jika dibagi-bagikan.

Untuk platform Android, salah satu forum online yang sangat terkenal adalah Forum XDA Developer (Ada website officialnya juga, tapi yang saya maksud forumnya, bukan keseluruhan website). Selama ini saya mencoba-coba oprek Android utamanya menggunakan referensi dari situ. Tapi saya seringnya masih lurking, karena merasa belum mampu untuk berkontribusi. Saya baru sadar tadi saya cek ternyata setelah sekian lama saya registered, ternyata saya masih dianggap New Member, hhe. Katanya itu karena posting saya kurang dari sepuluh. Padahal pengalaman coba-coba oprek mungkin sudah bisa dibilang lebih dari beginner, sudah sekitar 50-an Android apps yang saya coba pakai dan sekitar 3 Custom ROM yang sudah saya coba install.

Begitulah, usaha untuk belajar ngoprek itu memang rajin nyari, nyoba, kemudian klo dah bisa mbantu yang lain. Open source memang keren🙂

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Galaxy Mini Local Synchronizer

Tinggalkan Balasan

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Pos-pos Terbaru


